Apa Itu Website

 

Website berkembang pesat sampai saat ini, semakin banyak orang yang melakukan penjualan dan transaksi melalui website. Dari rumah anda bisa mengetahui informasi didunia, dari rumah anda bisa membeli apapun yang diinginkan.

Bagaimana anda ingin terjun langsung kedalam bisnis di dunia website, sudah banyak orang yang menguasai cara membuat website apakah anda ingin menjadi seperti mereka.

Contoh website yang sering anda kunjungi yaitu Google, Facebook, Twitter, CNN, Kompas, Tokopedia dan  Bukalapak. Ini adalah contoh beberapa website dengan fungsi yang berbeda.

Meskipun sudah berinterasi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu pengertian website. Dengan mengunjung website ini anda akan tahu apakah itu.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Sejarah Website

Website pembuatan website pertama kali oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980an dan baru resmi online pada tahun 1991.

Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website yaitu supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Baca Juga  : Excel Pengertian Sum Fungsi dan Rumus

Website dapat dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, meskipun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda.

Unsur-Unsur Website

Ada 3 unsur yang wajib anda ketahui ketika anda ingin mendalami ilmu website, berikut unsur-unsurnya :

  1.  Domain apa itu domain ?  pengertian domain adalah pada dasarnya domain atau nama domain diasumsikan sebagai alamat fisik. Sebagai contoh, navigasi satelit membutuhkan nama jalan atau kode pos untuk agar sistem bisa menyediakan arah. Sama halnya dengan web browser yang membutuhkan nama domain untuk mengarahkan Anda atau para pengunjung ke website.
  2. Hosting apa yang dimaksud hosting ? pengertian hosting yaitu tempat untuk menaruh segala data-data yang ada di website kamu. Seperti yang kamu tahu, website bisa berisi macam-macam; gambar, video, tulisan, plugin, script yang rumit, dan sebagainya. Jadi, saat website kamu dibuka oleh orang lain, data-data yang ada di website kamu akan langsung ditampilkan.
  3.  Konten. Pengertian konten adalah isi dari website bisa berupa informasi atau produk-produk yang ingin di promosikan atau di jual

Berdasarkan teknologinya, website terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Web Statis (Diam) adalah informasi yang terkandung di dalamnya tidak bisa diupdate melalui aplikasi website tersebut melainkan harus merubah script yang ada di dalamnya.
  2. Web Dinamis (Tidak Diam) adalah website dimana informasi yang terkandung di dalamnya dapat di update melalui aplikasi website tersebut. Dengan website dinamis, kita bisa membuat sebuah aplikasi yang namanya Content Management System (CMS), nah CMS inilah yang nantinya digunakan untuk mengupdate informasi – informasi terbarunya.

Dari pengertian diatas lebih kearah mana kalian akan focus, untuk web static anda cukup memperdalam ilmu HTML, CSS dan Javascrip anda sedangkan jika kalian ingin terjun dalam web dinamis kalian wajib menguasai segala macam Bahasa pemograman seperti PHP AJAX jQuery.

Bagaimana anda tertarik untuk mempelajari website,,,, ikuti terus blog kami maka kalian akan mendapatkan informasi yang mungkin membantu anda dalam belajar.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama